News

Pedagang di Blok M Ditangkap Karena Jual Kaos Kreator

Selain album baru Radiohead, berita ini cukup menjadi pembicaraan. Seorang penjual kaos band di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, digelandang untuk diperiksa dan ditanyai pihak berwajib.

Dari antara barang dagangan, ternyata ada sehelai kaos Kreator bergambar cover album At The Pulse of Kapitulation – Live in East Berlin 1990; gambar yang menyertakan desain palu dan arit di bagian atas cover. Dan inilah sumber masalahnya.

Tim gabungan Polda Metro Jaya dan Intel Gabungan Kodam Jaya pun menangkap karyawan dan pemilik toko, dilaporkan oleh Merdeka.com. Sejauh ini, tidak ada pasal yang disangkakan kepada mereka, karena akhirnya disebutkan bahwa AN dan IM hanya menjual tanpa motivasi apa-apa.

kaos Kreator yang jadi masalah. pic: @merdeka.com
kaos Kreator yang jadi masalah.
pic: @merdeka.com

Humas Polda Metro Jaya menyampaikan melalui akun Facebook, bahwa kaos palu-arit Kreator dipastikan tidak berhubungan dengan PKI. Dalam penjelasan, mereka menyatakan bahwa pemilik toko dan karyawan sudah dibebaskan. Proses pemeriksaan juga dijelaskan, sesuai peraturan Pasal 107 huruf a dan c Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1999 terkait dengan larangan menyebarkan atau mengembangkan ajaran komunisme atau Marxisme dan Leninisme dengan maksud mengubah atau mengganti Pancasila.

Perkara kaos bergambar palu dan arit ini tidak sekali saja terjadi. Di Malang, seorang pria 36 tahun bernama Siyari juga diamankan lantaran memakai kaos Exodus, lengkap dengan tulisan Paul Baloff, sang frontman yang sudah meninggal pada Februari 2002.

(mdk/alt)