News video

Video: Lewat ‘Kartini’, Navicula Berjuang Bersama Pejuang Kendeng

Navicula kembali bersuara, menceritakan kondisi sosial Indonesia melalui musik mereka yang khas. Kali ini, mereka memilih Kartini. Bukan hanya momen 21 April saja, namun  bagaimana perempuan Indonesia masih berjuang sampai saat ini.

Unit grunge asal Bali ini memilih aksi penolakan pembangunan pabrik semen di Pegunungan Kendeng, Jawa Tengah, pada 11 April 2016, sebagai klip mereka. Dalam tulisan di akun Facebook Navicula, Robi, Made, Gembull dan Dankie mengkritisi pemerintah yang disebut belum menunjukkan keberpihakan pada warga.

Padahal, aksi menyemen kaki tersebut merupakan penegasan penolakan kehadiran pabrik semen lantaran akan sangat merusak sumber kehidupan dan lingkungan. Sebenarnya, pada 2006 warga sudah mengajukan keberatan atas rencana pendirian pabrik ke pemerintah Jawa Tengah.

Dalam durasi hampir empat menit, Navicula dalam format hitam-putih dengan cermat menampilkan ekspresi jujur para pendemo, ibu-ibu yang lelah dan sedih, tegar di saat bersamaan di bawah sinar matahari, berbalut kebaya memperjuangkan suara mereka melawan kuasa uang. Sangat layak ditonton dan dibagikan!

(ytb)