News

Dukung Band Lokal, Dave Grohl Tulis Surat Protes ke Dewan Kota

Entah apa istilah yang tepat untuk menyebut tindakan Dave Grohl ini. Cerita diawali dengan personel band Black Leaves of Envy mengirimi Grohl sepucuk surat, dan tak diduga, ditanggapi serius oleh frontman Foo Fighters ini.

Berasal dari Cornwall, Inggris, Black Leaves of Envy mengeluhkan kebijakan pemerintah lokal mengenai batas maksimal volume yang diizinkan saat mereka latihan. Terdengar agak aneh? Tetapi ini nyata!

Menunjukkan surat itu di Twitter, Grohl menulis, “Namaku Dave Grohl, dan aku menulis atas nama band lokal Black Leaves of Envy. Menjadi perhatianku, bagaimana band ini terbentur pada kebijakan Dewan Kota Cornwall mengenai larangan kebisingan, maksimal 30 sampai 40 desibel atau setara suara pencuci piring dalam jarak 15 meter.”

“Aku orang Amerika yang sudah bermain musik selama 30 tahun, bermain secara profesional bersama Nirvana dan Foo Fighter, menjual lebih dari 100 juta rekaman. Aku telah bepergian keliling dunia sejak 1987, bermain di klub, arena, festival dan stadion, banyak dari antaranya yang terletak di Inggris,”

“Seperti kebanyakan musisi, aku memulainya di garasi tetanggaku. Bersama teman-teman, masa remajaku jadi lebih baik karena musik. Bukan hanya cara sehat untuk menghabiskan waktu, musik adalah jalan kreatif untuk anak dan membantu mengembangkan kepekaan emosional dan sosial. Musik sangat penting, membantuku melalui banyak masa sulit saat berkembang di Springfield, Virginia,”

https://twitter.com/foofighters/status/712664810073161728

“Untuk musisi yang kekurangan fasilitas profesional, garasi atau gudang bawah tanah bisa jadi satu-satunya tempat mengembangkan talenta dan keinginan mereka. Aku percaya adalah sangat krusial untuk anak mempunyai tempat untuk mengeksplorasi kreatifitas. Ini semacam pelestarian masa depan seni dan musik. Tanpa mereka, di mana kita akan berada? Sebagai seorang ayah dari tiga orang anak yang punya cita-cita tinggi, aku selalu membuat hal ini sebagai prioritas di rumah kami, untuk mendapat hasil terbaik,”

“Demi kebaikan band lokal Black Leaves of Envy dan demi generasi dari musisi muda yang menginspirasi, aku meminta kalian mempertimbangkan kembali kebijakan mengenai larangan kebisingan ini. Aku percaya, jika Anda berkenan melakukannya, Anda mengirim pesan bahwa Cornwall bukan hanya terbuka untuk musik dan seni, namun sebuah tempat di mana anak-anak muda berani mengejar mimpi mereka, di dunia yang segalanya mungkin.”

Black Leaves of Envy adalah band garage rock, mengutip akun Bandcamp mereka, yang ternyata sudah memiliki sebuah album dan mini album. Tak heran jika Dave Grohl menjadi pahlawan banyak orang…