News

Legenda Jazz Ireng Maulana Berpulang

Dunia jazz Indonesia berduka. Sebenarnya, Indonesia berduka. Musisi Ireng Maulana yang telah mengabdikan sebagian besar hidupnya untuk perkembangan musik jazz, telah dipanggil kembali ke Yang Maha Kuasa pada Minggu (6/3), dini hari.

Ireng meninggal dunia akibat serangan jantung, tepat setelah dia bermain di sebuah kafe di mall kawasan Sudirman, Jakarta. Di hari yang sama, Ireng masih punya jadwal di Java Jazz 2016, Kemayoran, Jakarta. Tuhan berkata lain.

Pemakaman berlangsung pada Senin (7/3) siang di Tempat Pemakaman Umum Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Terlihat rekan-rekan musisi Ireng hadir dalam acara tersebut, termasuk penyanyi Grace Simon yang mempersembahkan sebuah lagu rohani. Dilaporkan oleh Rolling Stone Indonesia, kemudian kawan dan kerabat Ireng pun menyanyikan Amazing Grace bersama-sama.

Ireng Maulana berpulang di usia 71 tahun. Meski sudah lama bermain musik, dia tidak ‘alergi’ kepada generasi muda. Tercatat, Andien dan Syaharani pernah diiringinya. Dia terlibat dalam puluhan album sejak tahun 70an, bahkan menjadi pencetus perhelatan Jak Jazz.

Tak sengaja menceburkan diri dalam musik jazz, Ireng rupanya tak keberatan untuk terus tenggelam di dalamnya. Selamat jalan, Ireng Maulana, terima kasih untuk musikmu.