10 Februari Diresmikan Jadi Hari Cliff Burton

pic: @mixdownmag.com.au

Mantan bassist Metallica, Cliff Burton dianugerahi penghargaan khusus di kampung halamannya di Castro Valley, California. Di ulang tahunnya yang ke-56, tanggal 10 Februari mendatang, ditetapkan sebagai Hari Cliff Burton.

Lahir pada tahun 1962, Burton dikenal ketika bergabung dengan Metallica, di mana dia bertugas membetot bass dan menulis lagu. Karirnya tidak panjang di sana, justru berakhir tragis ketika Metallica mengalami kecelakaan bus di Swedia pada 1986. Dia meninggal dalam insiden tersebut, yang sejatinya merupakan rangkaian tur album legendaris Master of Puppets.

Burton tidak pernah dilupakan penggemar. Faktanya, justru mereka yang memulai petisi meminta Hari Cliff Burton diresmikan sebagai bentuk penghormatan. Sekalipun Burton sudah masuk Rock and Roll Hall of Fame bersama Metallica pada 2009 dan terdaftar sebagai salah satu bassist terbaik sepanjang masa berdasarkan jajak pendapat oleh majalah Rolling Stone, hal itu tidak menghentikan Robert Souza membuat petisi dan mendekati pemerintahan setempat untuk mendukung kampanyenya itu.

Dalam akun Twitter, Metallica mengumumkan keberhasilan tersebut. “Sudah resmi sekarang. Pemerintah Alameda County menyatakan tanggal 10 Februari 2018, yang adalah ulang tahun ke-56 Cliff, sebagai Hari Cliff Burton. Terima kasih untuk semua penggemar yang mendukung inisiatif ini. Kami bangga bagaimana Cliff masih sangat dihormati,” tulis salah satu band terbesar dunia itu, dan tak lupa menyertakan kertas pernyataan resmi.

Di bulan Agustus tahun lalu, ayah Burton mengungkapkan bahwa dia mendonasikan royalti yang didapat anaknya dari Metallica untuk program beasiswa yang mendukung musisi muda. Cliff Burton tercatat dalam tiga album Metallica, yaitu Kill ‘Em All (1983), Ride The Lightning (1984) dan Master of Puppets (1986).

(mhm/alt)

One comment to 10 Februari Diresmikan Jadi Hari Cliff Burton

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>