Yockie Suryo Prayogo Meninggal Dunia

pic: @gencil.news

Indonesia kehilangan salah satu musisi kelas dunianya. Yockie Suryo Prayogo, usia 63 tahun, diberitakan telah berpulang pada 5 Februari 2018 pagi hari. Diketahui, kondisi Yockie beberapa bulan belakangan ini terus menurun.

God Bless, band yang pernah ‘Menjilat Matahari’ bersama Yockie, menbenarkan berita ini melalui akun Instagram mereka, sekaligus menyampaikan dukacita. Musisi-musisi Indonesia lain pun melakukan hal serupa lewat akun pribadi masing-masing.

Diluar puluhan bahkan mungkin ratusan karya-karyanya yang telah dibawakan banyak musisi lintas generasi Indonesia, Yockie Suryo Prayogo adalah salah satu penyumbang lagu terbesar, banyak diantaranya menjadi hits, di album-album rekaman God Bless. . Yockie terlibat dalam empat dari total tujuh album rekaman God Bless, yaitu God Bless (Huma Diatas Bukit – 1975), Semut Hitam (1988), Raksasa (1989), dan Apa Kabar (1997). . "Kehidupan", "Menjilat Matahari", "Maret 89", adalah sedikit dari karya-karyanya yang melegenda bersama God Bless. . Tanggal 30 Agustus 2014 lalu adalah penampilan terakhir Yockie bersama God Bless, yang juga merupakan penampilan pertamanya sejak mengundurkan diri dari tahun 2001, dalam konser To Commemorate God Bless di Hotel Harris Bandung. . Konser Menjilat Matahari, 11 Oktober 2017 silam, pun ternyata menjadi penampilan terakhirnya di panggung musik Indonesia, karena hari ini, Senin 5 Februari 2018, Yocky berpulang menghadap Yang Kuasa. Indonesia kehilangan salah satu musisi terbaiknya. . Yockie sudah beristirahat dengan tenang. Semoga amal ibadahnya diterima dan mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT. . . Photo: @evanantono dari Konser To Commemorate God Bless, 2014

A post shared by God Bless (@godblessrocks) on

Dilansir dari CNN Indonesia, pada November lalu Yockie sempat berada di kondisi kritis lantaran pendarahan otak. Sebelumnya, selama 15 tahun dia diketahui mengidap diabetes. Kesehatan pria 63 tahun tersebut tetap naik-turun, membuat para musisi menggelar konser amal pada Januari lalu untuk penggalangan dana demi pengobatan Yockie.

Yockie dikenal bukan saja sebagai keyboardist God Bless. Dia pernah berkarya bersama Eros Djarot dalam album Badai Pasti Berlalu yang epik itu; serta bekerja bersama almarhum Chrisye, Iwan Fals dan masih banyak lagi. Pada 2009, dua lagu gubahan Yockie, yaitu Kehidupan (God Bless, album Semut Hitam) dan Kesaksian (Iwan Fals, album Kantata Takwa) masuk dalam daftar 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa oleh Rolling Stone Indonesia.

(cni/alt)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>