News

Rayakan Ultah ke-30, Roxx Rilis ‘Anthem’

Unit heavy metal veteran Indonesia, Roxx, merayakan ulang tahun ke-30 sekaligus melepas album baru. Anthem diakui berangkat dari semangat album Black yang rilis pada 1992.

Dalam album keenam ini, ada sembilan lagu. Empat di antaranya koleksi lama, dan lima lainnya lagu baru. Sesuai dengan semangat era album Black, yaitu membuat sejarah baru di perjalanan Roxx, mereka pun meminta bantuan penggemar untuk seleksi lagu.

“Teknis pekerjaan recording-nya berusaha seperti album pertama banget. Jadi nggak terlalu banyak overdubbing. Roxx itu drum, bass, dua gitar, vokal. Selesai. Jadi saat tampil, exactly seperti ini. Dari vokal juga nggak banyak efek,” kata Didik Danardono (gitar) di Jakarta, akhir Maret lalu, dilansir dari Rolling Stone Indonesia.

Awal tahun lalu, Roxx baru diguncang dengan mundurnya gitaris Jaya. Mereka pun mengakui, ketidakhadiran Jaya dalam Anthem dirasa sangat berpengaruh, sampai harus menerapkan sistem kerja yang berbeda.

“Kalau dulu dengan adanya Abah (panggilan Jaya), dia merangkap produser dan sound engineer juga. Jadi semua materi melewati satu portal, yaitu dia. Sekarang portal itu sudah nggak ada, jadi kami lebih bebas beride mengungkapkan keinginan,” imbuh Raiden Soedjono (drum).

Diedarkan dalam format paket berbonus DVD, Roxx menyelipkan pula video musik lagu legendaris Rock Bergema yang telah diaransemen ulang meski tak banyak. “Rock Bergema itu terlalu sakral untuk diubah-ubah, jadi kami nggak ubah terlalu banyak. Tapi pastinya yang kami rekam adalah emosi kami saat ini,” kata Raiden.

Roxx bergema!

(rsi/alt)