News

Veteran Rock n Roll, Chuck Berry, Wafat

Dunia musik kembali kehilangan salah satu permatanya. Veteran rock n roll, Chuck Berry, berpulang pada 18 Maret lalu. Menurut NME, kematiannya alami sehingga tidak akan dilakukan autopsi.

Berry memang layak disebut ikon rock n roll. Single pertamanya, Maybellene, adalah salah satu lagu pertama yang disebut sebagai hit rock n roll. Di helatan Piala Grammy tahun 1984, dia dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement, dan tangannya dicetak di Rock and Roll Hall Of Fame, dua tahun kemudian.

Berpulangnya Berry di usia ke-90 langsung mendapat banyak reaksi lintas-genre. Tak kurang dari generasi lama seperti The Rolling Stones, Bruce Springsteen dan Brian May dari Queen mengungkapkan dukacita mereka.

Menyusul kemudian, keluarga Berry mengeluarkan pernyataan resmi yang menyebutkan mereka akan merilis album terakhir sang legenda untuk merayakan kehidupan seorang Chuck Berry. Album bertitel CHUCK itu sudah diumumkan sejak ulang tahun ke-90-nya pada 18 Oktober 2016.

“Chuck telah bekerja mempersiapkan album itu beberapa bulan ini, dan faktanya, beberapa tahun terakhir ini memberinya banyak kebahagiaan. Hati kami sangat sedih saat ini, namun kami tahu tidak ada harapan terbesar Chuck selain melihat album ini dirilis ke dunia, dan kami sendiri tak tahu cara lain yang lebih baik untuk merayakan dan mengenang 90 tahun hidup Chuck, selain melalui musiknya,” ujar pihak keluarga Berry, dikutip dari NME.

Sungguh keputusan yang bijaksana! Rest in peace, CHUCK.

(nme/alt)