News

Cerita di Balik ‘Future Days’, Pearl Jam Nyaris Mati Tenggelam

Kalau Anda suka Pearl Jam, pasti tahu lagu Future Days yang termuat dalam album Lightning Bold (2013). Tetapi tahukah Anda inspirasi di balik lagu tersebut?

Dituturkan oleh NME, Future Days diinspirasi dari kecelakaan yang nyaris merenggut nyawa Eddie Vedder. Dia dan teman-temannya, termasuk para personel Pearl Jam, sedang pergi berlayar di Hawaii. Sayangnya, angin kemudian bertiup kencang, bahkan terlalu kencang, sampai kapal berbalik 360 derajat. Vedder dan kedua teman wanitanya terapung di lautan, tak bisa mendekati kapal karena kondisi angin.

Seruan minta tolong dari rombongan tersebut didengar oleh Keith Baxter dan putrinya, Ashley, setelah dua jam. Mereka menyelamatkan Vedder dan kedua wanita tadi, juga personel lain yang berhasil naik ke kapal. Sang ayah, Keith Baxter, sempat mengalami kecelakaan saat penyelamatan, kakinya pun terancam diamputasi lantaran infeksi tulang.

Mendengarnya, Pearl Jam menggalang dana melalui GoFundMe dan berhasil mengumpulkan 943 juta Rupiah atau $70,000. Jumlah tersebut dilipatgandakan oleh Pearl Jam dari kantong pribadi mereka. Dana itu sepenuhnya diberikan untuk kesembuhan Baxter.

Whoa! Akhir kisah yang manis, apalagi ketika akhirnya menjadi bibit karya Pearl Jam.

(nme/alt)