Intimate 90’s: Manisnya Nostalgia Semalam Bareng GIGI dan KLa Project

pic: @SenaputraFM/DAP

Generasi yang besar di era 90an memang punya banyak warisan, terutama soal musik. Jangan pikir soal aksi internasional macam Nirvana, karena di Indonesia, di saat itu, juga punya band-band berkelas.

Dua di antaranya tampil di Harris Hotel and Convention Malang, 28 September lalu. GIGI dan KLa Project sengaja diusung oleh Jade Entertainment, menawarkan nostalgia dengan tag Intimate 90’s. Jadi ketika ruang konvensi Hotel Harris dipenuhi keluarga-keluarga, tidak perlu heran.

Bukan berarti konser berjalan membosankan! Tidak, sama sekali tidak. Ketika GIGI membuka dengan Angan, hampir semua orang di kelas Festival melompat dan bernyanyi. Lagu ini keluar tahun 1994, namun para GIGIkita (sebutan untuk penggemar GIGI) yang datang dari berbagai usia serempak meneriakkan “Senyumlaaaaaaaah dan si manis pun tertawaaaa”.

GIGI sendiri mengakui, base GIGIkita di Malang terhitung kuat secara nasional. Secara spesial, Armand Maulana (vokal) bahkan menyapa penggemar di kelas Festival yang notabene berada paling jauh dari panggung.

Armand Maulana, nyawa di panggung. pic: @SenaputraFM/DAP

Armand Maulana, nyawa di panggung.
pic: @SenaputraFM/DAP

Mungkin karena alasan itu pula, GIGI memasukkan banyak lagu dalam setlist. Kebanyakan di-medley, seperti AnganTerbang, Cinta TerakhirKau Kan KembaliKembalilah Kasih (Kita Harus Bicara), Perihal CintaAndai, dan masih panjang lagi daftarnya. Total sekitar 19 lagu dibawakan, mulai dari yang tahun 90an sampai 2000an.

Armand sendiri tidak banyak bicara, kecuali saat memperkenalkan Baron ke atas panggung selaku manajer baru. Tentu saja, Baron kemudian didaulat mengalungkan gitar. Bersama-sama, GIGI kemudian menghanyutkan penggemar dalam Ku Ingin dan Nirwana.

GIGI bersama Baron. pic: @SenaputraFM/DAP

GIGI bersama Baron.
pic: @SenaputraFM/DAP

GIGI yang telah bersama sejak 1994 dan melahirkan 15 album, kini sudah bisa disebut sebagai band senior Indonesia. Pengalaman matang di panggung menjadi nilai lebih bagi Armand, Dewa Budjana, Thomas Ramdhan dan Gusti Hendy, yang memang rapi memainkan setlist (dan ternyata dalam konferensi pers sore harinya, mereka mengakui masih sering berkumpul untuk latihan). Sesungguhnya, tidak mengherankan bila band Jakarta ini begitu dicintai penggemarnya.

Durasi 1,5 jam berjalan cepat, sebelum GIGI masuk ke balik panggung dan lampu dimatikan. Tak lama lagi, saatnya KLa Project. Sebuah band Indonesia yang selalu menempati level tersendiri lantaran musik indah dan liriknya yang berbahasa Indonesia.

Para GIGIkita terlihat kelelahan setelah berjingkrak, memilih mundur. Namun lebih banyak wanita-wanita setengah baya merapat ke pembatas antar-kelas, sembari bertukar camilan dan menunggu kehadiran Katon Bagaskara, Lilo serta Adi di atas panggung.

Sekitar pukul 09.45 WIB, KLa Project memilih Hey sebagai pembuka setlist. Dengan tenang, Katon kemudian menyapa penggemar sebelum melanjutkan Terkenang. Sederhana namun berkelas, itulah KLa Project.

Mereka tampil full team, dengan dua orang penyanyi latar yang cantik dan pasukan seksi tiup yang sungguh, sungguh memeriahkan panggung, karena divisi satu ini jelas menikmati panggung, sama seperti KLa.

KLa Project hadir full team. pic: @SenaputraFM/DAP

KLa Project hadir full team.
pic: @SenaputraFM/DAP

Di belakang KLa, sebuah visual hadir melengkapi permainan tata lampu, kebanyakan berpendar nyaris terasa psychedelic. Sementara KLa, menolak stagnan dengan menyelipkan banyak improvisasi dibantu band, menunjukkan kelas mereka dengan menyelipkan potongan progresif di sana-sini.

Setlist KLa tidak sebanyak GIGI, sekitar 11 lagu, termasuk hit-hit macam Menjemput Impian yang disambut ekstra meriah, Terpurukku di Sini, Meski Tlah Jauh, Semoga, Tak Bisa Pindah ke Lain Hati, Jogjakarta, dan Belahan Jiwa. Sebagian besar audiens menyayangkan Gerimis tak juga dibawakan, namun bukankah itu bisa menjadi alasan KLa Project untuk kembali ke Malang kelak?

Meriah, progresif, dan menyenangkan! pic: @SenaputraFM/DAP

Meriah, progresif, dan menyenangkan!
pic: @SenaputraFM/DAP

(alt/DAP)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>