News video

Video: Bikin Film Dokumenter, Shaggydog Siapkan Album Baru

Unit ska reggae asal Jogja, Shaggydog, menuntaskan masa hibernasi selama hampir tujuh tahun. Tak main-main, mereka langsung menyiapkan amunisi baru.

Yang menarik, proses persiapan album keenam ini bisa disaksikan langsung. Shaggydog mendokumentasikan dan mengunggahnya melalui akun Youtube, @THEDOGGYTV. Di sana, terungkap bahwa anak-anak Shaggydog mengerjakan album ini di Kaliurang, Jogja.

Tergambar pula keseharian personel Shaggydog saat dalam masa karantina, menjalani proses kreatif yang tidak mudah, menyempatkan diri berolahraga, serta bersenda-gurau bersama. Yang menarik, Heruwa (vokal) menceritakan kondisi kesehatannya sempat drop di tengah pengerjaan album.

“Aku sempat sakit dan panas tinggi sekali. Waktu itu aku masih bertahan sama teman-teman di Kaliurang, tapi setelah selesai karantina dokter bilang bahwa aku itu ada indikasi demam berdarah. Tapi pada saat sakit di vila itu, pikiranku tetap ke album,” tutur Heruwa dalam video tersebut.

Diminta mendeskripsikan album baru dalam tiga kata, Heruwa pun menjawab, “Berwarna.. Dewasa, dan lama,” sambil menyeringai, senada dengan Bandizt yang berpendapat serupa, “Dewasa, bersahaja dan, suwi (lama dalam bahasa Jawa).”

Terakhir, Shaggydog merilis album adalah pada 2009 dengan Bersinar, meski pada 2011 mengeluarkan single Selamatkan Atau Hilang. Lama? Ya, memang lama. Jadi tak sabar menunggu ya!

(alt/ytb)