News video

Para Selebriti Dunia Bikin Video Anti Rasis

Di Amerika, kondisi sedang memanas akibat penembakan tragis yang dilakukan oleh pihak berwajib. Masalah meruncing karena penembakan ini berkembang menjadi isu sosial yang sudah lama sekali jadi ‘penyakit’ Amerika, yaitu rasisme.

Alicia Keys bersama gerakan We Are Here Movement kemudian membuat video berjudul 23 Ways You Could Be Killed If You Are Black in America, yang dalam durasi hampir tiga menit, berhasil membuat kulit merinding dan menumpahkan rasa haru.

Video ini didukung pula oleh selebriti papan atas seperti Beyonce, Rihanna, Pink dan Bono, serta ada Chris Rock, Chance The Rapper, Pharrell Williams, juga aktris Taraji P.Henson. Dengan konsep hitam-putih, di akhir video, Alicia Keys menegaskan, pemerintah harus waspada dan bertindak cepat mengatasi masalah ini, karena semua orang berhak merasa aman dan bahagia, apapun warna kulitnya.

Masalah ini memang meluas dengan sangat cepat, berdampak banyak reaksi dari para musisi yang melahirkan lagu sosial seperti yang dilakukan Jay Z, atau menggunakan pengaruh mereka untuk berbicara seperti yang ditulis Beyonce di blog-nya. Memakai tagar #BlackLivesMatter, Anda bisa melihat kekuatan dihimpun dan tuntutan semakin keras belakangan ini.

(alt/dgs)